10 Kesalahan Dalam Memilih Asuransi Otomotif

Membeli asuransi otomotif terkesan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Meskipun begitu, asuransi seringkali baru terasa manfaatnya ketika dibutuhkan. Saat hal yang tidak diinginkan terjadi, tidak memiliki asuransi akan sangat terasa berat. Oleh sebab itu, asuransi otomotif tidak dapat dianggap enteng.

Namun, tidak semua asuransi otomotif itu sama. Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda-beda dan produk asuransi yang berbeda-beda pula. Karena itu, penting untuk mengetahui mana asuransi terbaik untuk Anda. Setiap produk asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa negara menerapkan kewajiban untuk mengasuransikan kendaraan Anda. Hal ini belum berlaku untuk Indonesia, tapi memiliki asuransi kendaraan akan sangat membantu mengurangi beban Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kendaraan yang terbaik? Hal apa saja yang perlu dihindari dalam memilih asuransi otomotif? Berikut ini 10 kesalahan dalam memilih asuransi kendaraan bermotor.

  • Tidak Mempertimbangkan Reputasi Perusahaan

Tidak setiap perusahaan asuransi itu sama bagusnya. Beberapa memiliki tarif yang bagus tetapi layanan pelanggan yang buruk, sementara yang lain memiliki layanan konsumen yang baik dengan harga yang cukup tinggi. Sebelum Anda membeli, lihat review perusahaan-perusahaan asuransi yang tersedia secara bebas di internet.Anda juga bisa berbicara dengan keluarga dan teman tentang pengalaman mereka dengan perusahaan asuransi lokal yang telah mereka gunakan. 

  • Tidak Memahami Polis Yang Anda Beli

Memang lebih mudah untuk cukup memberi tahu agen asuransi bahwa Anda menginginkan asuransi full coverage untuk mobil Anda dan biarkan mereka menangani semuanya. Tapi, itu bisa menjadi kesalahan ketika Anda tidak mengetahui manfaat apa saja yang didapatkan. Perlindungan yang Anda dapatkan menjadi sangat kurang apabila agen hanya mengarahkan Anda untuk membeli asuransi dengan harga yang rendah. Asuransi mobil tidak sama untuk setiap konsumen dan tipe kendaraan. 

  • Membeli Mobil yang Mahal untuk Diasuransikan

Mobil yang berbeda biaya asuransinya juga berbeda. Bahkan berbagai tipe mobil dan pilihan mesin dapat mempengaruhi berapa banyak biaya asuransi mobil untuk melindunginya. Kegagalan dalam mempertimbangkan biaya asuransi mobil yang berbeda sebelum Anda membelinya dapat membuat Anda mengeluarkan uang yang lebih besar.

Sebelum Anda pergi ke dealer, bicarakan dengan agen asuransi Anda atau dapatkan penawaran gratis secara online sehingga Anda dapat membandingkan biaya asuransi mobil yang berbeda. Beberapa mobil akan lebih mahal untuk diasuransikan karena kinerjanya, sementara yang lain lebih mahal karena biaya perbaikan yang tinggi. 

  • Tidak Mencari Diskon yang Tersedia

Saat Anda membeli polis otomotif, pastikan untuk memanfaatkan setiap diskon yang tersedia untuk Anda. Hal ini termasuk diskon untuk banyak kendaraan sekaligus dan bundling, serta hal-hal seperti pengurangan harga untuk kendaraan dengan kilometer rendah.

  • Menggunakan Perusahaan Asuransi Yang Sama Selamanya

Kebanyakan orang hanya membayar tagihan asuransi mobil mereka saat jatuh tempo, tanpa berpikir dua kali. Jika Anda ingin menghemat uang, waktu perpanjangan adalah waktu yang tepat untuk mencari penawaran yang lebih baik. Anda bisa menemukan asuransi lain yang lebih murah dengan manfaat yang sama atau lebih baik.

  • Membeli Terlalu Sedikit Perlindungan

Perlindungan yang Anda butuhkan sangat spesifik untuk Anda dan kendaraan Anda. Pastikan Anda mengetahui apa saja perlindungan yang dibutuhkan dan tidak membeli produk asuransi hanya berdasarkan harganya yang murah.

  • Membeli Terlalu Banyak Perlindungan

Sangat mungkin terjadi juga, Anda membeli terlalu banyak perlindungan asuransi. Jika Anda tidak memiliki basis aset yang besar untuk dilindungi, Anda mungkin tidak memerlukan kewajiban/liabilitas yang sangat tinggi. Jika mobil Anda tidak berharga mahal, akan sangat membuang-buang uang untuk membayar tarif asuransi mobil yang tinggi untuk perlindungan full coverage..

  • Tidak Mengetahui Kebutuhan Anda

Jika Anda tidak yakin dengan pertanggungan apa yang Anda butuhkan, mungkin yang terbaik adalah berkonsultasi dengan agen asuransi saat Anda pertama kali ingin membeli polis. Jika Anda ingin mempertimbangkan perusahaan lain pada waktu perpanjangan polis, Anda akan memiliki gagasan yang baik tentang jenis dan tingkat asuransi yang Anda butuhkan.

  • Membeli Asuransi Mobil Sebagai Investasi

Asuransi mobil sangat berbeda dengan asuransi lain pada umumnya. Asuransi mobil hanya memberikan manfaat untuk kendaraan yang Anda miliki. Jadi, membeli asuransi mobil untuk investasi adalah sebuah kesalahan.

  • Berbohong Dalam Pengajuan

Apa pun yang Anda lakukan, jangan berbohong kepada perusahaan asuransi mobil Anda ketika Anda memberikan keterangan atau mengajukan klaim. Melakukannya dapat membuat pertanggungan Anda dibatalkan jika terjadi kecelakaan, menyebabkan pembatalan polis Anda, dan membahayakan kemampuan Anda untuk mendapatkan polis di masa depan.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these