Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri

Satu hal yang pasti tentang kecelakaan adalah bahwa kejadian ini seringkali tidak terduga, tidak terprediksi dan seringkali dapat menguras keuangan. Konsekuensi dari kecelakaan yang tidak menguntungkan dapat mengubah hidup secara dramatis, tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk keluarga Anda.

Tanyakan pada diri Anda: Apakah kematian atau kecacatan Anda karena kecelakaan serius akan membuat keluarga Anda dalam kesulitan keuangan?

Jika Anda adalah satu-satunya pencari nafkah, atau Anda berkontribusi secara signifikan bagi keluarga Anda, kemungkinan besar jawabannya adalah ya.

Hal ini membuat rencana asuransi kecelakaan diri menjadi suatu keharusan bagi Anda dan keluarga. Asuransi ini menanggung dampak keuangan negatif dari kecelakaan dan menyediakan untuk Anda dan keluarga Anda, saat Anda paling membutuhkannya.

Apa Itu Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah polis tahunan yang memberikan kompensasi jika terjadi cedera, cacat atau kematian yang disebabkan semata-mata oleh kekerasan, kecelakaan, atau peristiwa eksternal lainnya. Definisi untuk peristiwa kekerasan dan kecelakaan bisa bervariasi dari perusahaan asuransi ke perusahaan asuransi lainnya.

Kebijakan asuransi kecelakaan diri yang berbeda menawarkan cakupan dan skala manfaat yang berbeda. Biasanya, jenis pertanggungan standar yang diberikan meliputi: kematian karena kecelakaan, cacat tetap, cacat total atau sebagian sementara, biaya pengobatan, operasi korektif, tunjangan rawat inap, dan biaya pemakaman.

Rencana tersebut dirancang untuk membayar jika Anda terluka parah atau meninggal dalam suatu kecelakaan, di mana pemegang polis menerima lump sum bebas pajak dalam peristiwa malang yang termasuk dalam polis.

Apa Beda Asuransi Kesehatan dan Kecelakaan Diri

Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa dan polis asuransi kesehatan dan kesehatan, apakah Anda masih membutuhkan asuransi kecelakaan dirit?

Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Sejujurnya, ada beberapa dari kita yang membutuhkannya dan beberapa dari kita yang cukup beruntung untuk tidak pernah membutuhkannya. 

Tapi kita semua tidak akan pernah tahu? Kecelakaan tidak terjadi dan diumumkan sebelum kejadian, itu terjadi begitu saja.

Perbedaan antara asuransi kecelakaan diri dan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan dan kesehatan, adalah penyebab cedera atau kematian. Asuransi kecelakaan diri tidak menanggung cedera atau kematian karena penyebab alami, seperti penyakit seperti asuransi jiwa. Demikian pula, asuransi jiwa tidak menanggung kecelakaan yang tidak mengakibatkan kematian.

Inilah sebabnya mengapa polis kecelakaan diri berfungsi sebagai suplemen untuk asuransi jiwa. Asuransi ini penting untuk melindungi Anda dan keluarga Anda jika terjadi kecelakaan yang membuat Anda tidak dapat menghasilkan pendapatan atau lebih buruk lagi, menyebabkan kematian Anda. Inilah mengapa ada baiknya memiliki asuransi kecelakaan dirit dan asuransi jiwa secara bersamaan untuk melindungi orang yang Anda cintai apapun yang terjadi.

Asuransi kecelakaan diri dan asuransi jiwa melindungi Anda dalam kasus ini. Tetapi jika Anda terluka parah, Anda masih memerlukan asuransi kesehatan dan kesehatan untuk mengurus tagihan medis perawatan yang diperlukan.

Bagi mereka yang terlibat dalam pekerjaan berbahaya tertentu seperti petugas penegak hukum, penyelam, pilot atau anggota kru, penguji pesawat, pembalap, nelayan, atau orang yang memiliki hobi berisiko tinggi seperti olahraga bungee jumping, panjat tebing dan skydiving, mungkin tidak dapat mendapatkan manfaat dari perlindungan asuransi kecelakaan diri

Langkah yang terbaik adalah memeriksa dengan perusahaan asuransi atau agen tentang pengecualian ini sebelum melanjutkan.

Jika Anda memiliki lebih dari satu polis kecelakaan diri, Anda atau penerima manfaat Anda akan diberi kompensasi atas kematian atau kecacatan Anda. Namun, klaim tertentu seperti biaya pengobatan hanya dapat dilakukan dari satu polis kecelakaan diri saja. Jika biaya pengobatan lebih dari uang pertanggungan, Anda dapat mengklaim selisihnya dari polis asuransi kecelakaan diri kedua.

Pertanggungan asuransi kecelakaan diri bukanlah pengganti asuransi jiwa, tetapi dapat memberikan jaring pengaman finansial bagi Anda dan keluarga jika Anda mengalami kecelakaan yang tidak menguntungkan yang mengakibatkan cedera, cacat, atau kematian Anda. Asuransi ini pasti harus digunakan bersama dengan asuransi jiwa agar benar-benar aman.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these